Trekking di Puncak; Mendaki Gunung Paseban Melalui Rute Hiking Jalur Bendi

Trekking di Puncak, Mendaki Gunung Paseban bersama jiwa-jiwa petualang mengukir jejak pengembaraan di antara riuh pepohonan, Rute Hiking favorit tempat kita berpijak pada ketinggian, menyusur jalur perbukitan yang di abadikan dalam goresan pena sang pengembara dalam menapaki belantara. Mendaki Gunung Paseban, adalah salah satu Tempat Pendakian atau Trekking di Puncak yang bisa kalian jadikan sebagai pemuas harsrat petualang, adapun Paseban adalah panggilan yang di sematkan kepada sebuah nama dari perkampungan yang berada di Lereng Gunung Paseban, sebuah perkampungan adat yang dihuni oleh beberapa kepala keluarga yang bertahan hidup dengan cara berkebun dan memelihara beberapa satwa.

Lereng Paseban, kawasan wisata yang dapat kalian jadikan destinasi wisata selanjutnya, adapun termasuk kedalam ranah wisata alam berbasis Petualangan yang merujuk kepada aktivitas jelajah hutan yang didapati beberapa spot menarik di dalam area Trekking seperti halnya Air Terjun Curug Panjang, Curug Naga serta Curug Cibulao dengan segala keunikan dan keunggulannya masing-masing, suatu tempat yang bisa kalian explore keberadaannya. Air Terjun Termasyur yang nanti akan kita bahas beberapa diantaranya, terdapat pula beberapa Jalur Trekking / Rute Hiking untuk kalian jelajahi dan Tebing untuk kalian daki. Masih Adakah Jiwa Petualang Yang Melekat di Ragamu?

Trekking di Puncak; Rute Hiking Jalur Bendi

tempat trekking di puncak

Trekking di Puncak, Sebelum kita Mendaki lebih jauh, alangkah baiknya kita sejenak meluangkan waktu untuk lebih mengenal dan menyapa, Hallo… Perkenalkan Sob / Sis kami selaku Hadena Indonesia bertajuk Go Adventure And Get Your Experience adalah perusahaan pariwisata berbasis petualangan yang berkedudukan di Puncak, Bogor, Jawa barat. Adapun terdapat pada salah satu tujuan kami adalah memberikan kemudahan untuk kalian para jiwa-jiwa pengembara dalam menapaki jejak petualang dan meraih sensasi minat terdalam, Tarik Sis.

Pengertian Rute Hiking Melalui Jalur Bendi di Puncak, Adapun yang dimaksud dengan Jalur Bendi adalah sebuah jalan atau akses yang pada masa lampau ( Era Pemerintahan Hindia-Belanda ) digunakan untuk membawa hasil tani, kebun dan persawahan menggunakan media andong ( bendi ) berupa kerbau dan kuda yang kini dikenal dengan sebutan delman. Trekking di Puncak Mendaki Gunung Paseban Melalui Jalur Bendi merupakan sebuah jalur yang notabene berupa jalan kecil, terjal, tanah dan berbatu diantara tebingan yang curam, berbeda dengan istilah Jalur Deandles yang merujuk kepada keberadaan dari Jalan Utama yang berada didalam suatu area.

Trekking Via Jalur Bendi, jalan atau akses yang pada masa pemerintahan Hindia-Belanda bila dilihat dari keberadaannya adalah jalur curam yang berada diantara perbukitan melalui celah-celah tebing di daerah pegunungan, disini kalian paham ya bahwa yang dimaksud dengan Rute Pendakian Melalui Jalur Bendi bukanlah nama dari rute tersebut, melainkan sebuah istilah Jalur Pendakian yang merujuk kepada keberadaan sebuah trek yang terjal dengan kontur tanah dan bebatuan. Suatu akses jalan yang nantinya akan kalian lalui untuk mencapai puncak dari Lereng Gunung Paseban dengan segala keunikan pancuran air terjun yang menawarkan kesegaran mata air pegunungan.

Trekking di Puncak; Lereng Gunung Paseban

mendaki puncak gunung
contact whatsapp hadena indonesia

WhatsApp

Lereng Gunung Paseban, adalah nama sebuah perkapungan yang berada di lingkup gunung  belahan Kota Bogor, tepatnya berada di Desa Megamendung, Puncak. Berdiri megah diantara riuh pepohonan pinus tempat ia menunjukan eksistensinya, adalah Jalur Pendakian ( Trekking ) yang dapat kalian tempuh melalui dua akses pintu masuk yang salah satunya adalah melalui Kp. Abuya, Desa Cilember yang sarat akan budaya keislamannya. Hiking di Puncak, adapun terdapat jalan yang legendaris yaitu Situhiang, adalah nama sebuah jalan yang berada diantara tebing yang tidak terlalu curam, merupakan salah satu akses jalan menuju perbukitan yang akan kalian lalui sebelum masuk kedalam area perkampungan Lereng Gunung Paseban, marilah kita sejenak menepi dari gemerlap kota dimana terdapat sebuah desa yang sarat akan kekayaan budaya dan keberagaman ekosistemnya.

Kampung Paseban, seperti nama-nama tempat yang disematkan, sebuah nama tempat kebanyakan yang berada di Tatar Pasundan atau Tanah Sunda pada umumnya selalu merujuk kepada sebuah keadaan, keberadaan, makna, keunikan, keunggulan serta jejak peristiwa yang kemudian di abadikan kedalam sebuah nama atau sebutan dari tempat tersebut, merupakan salah satu bentuk kecintaannya terhadap suatu bentuk adat budaya kearifan lokal dalam memaknai sebuah tempat atau lokasi sehingga menjadi ciri khas dan keunikannya tersendiri, sangat menginspirasi ya gais.

Adapun terdapat arti dari nama Paseban yang di sematkan terhadap suatu perkampungan di Ds. Megamendung, Puncak, Kab. Bogor ini menurut pandangan dari beberapa tokoh masyarakat merujuk kepada sebuah pembendaan kata Saba-Pasabaan atau yang bisa di artikan sebagai Tempat Singah-Persinggahan, nah tentu kalian bisa membayangkan sebuah tempat atau lokasi yang menjadi suatu destinasi, dengan segala keramah-tamahannya, keindahan alam dan budayannya. Sebelum kita mendaki lebih jauh, apakah kalian tau perlengkapan apa saja yang harus kalian bawa saat melakukan aktivitas Trekking dan Hiking itu sob, yuk mari kita bahas beberapa diantaranya.

Peralatan Trekking; Perlengkapan Pendakian

perlengkapan trekking dan hiking

Trekking di puncak, Sebelum kalian melakukan serangkaian Aktivitas Pendakian, Trekking, Hiking maupun Climbing, kalian harus mempersiapkan beberapa perlengkapan, adapun terdapat beberapa peralatan penting atau kelengkapan yang harus kalian siapkan sebelum melakukan pendakian, sebuah kelengkapan yang akan menunjang segala keperluan perjalanan kalian nanti seperti yang akan mimin sebutkan dibawah ini ya gais, berikut ini adalah 10 perlengkapan Trekking, Hiking dan Climbing yang wajib kalian bawa :

Sepatu Gunung

Sepatu Gunung, adalah jenis sepatu atau boots yang diperuntukan untuk aktivitas Hiking dan Trekking, sepatu boots umumnya terbuat dari bahan kulit dan memiliki alas tebal serta tidak licin saat dipergunakan saat melewati aliran sungai, genangan air maupun saat menapaki bebatuan dengan tingkat kelembabannya, karena biasanya didaerah pegunungan terdapat bebatuan yang ditumbuhi lumut yang bisa membuat anda terpeleset bila memakai sepatu atau alas kaki biasa. Sepatu Gunung biasanya memiliki lapisan dan ketahanan yang kuat disekelilingnya, bertujuan untuk melindungi bagian kaki kita bilamana mengalami benturan atau menginjak benda tajam seperti halnya ranting pepohonan dan curamnya medan bebatuan.

Tas Gunung / Carrier

Tas Gunung, adapun yang biasa disebut dengan istilah Carrier yaitu sebuah media ( Tas Ransel ) untuk kita membawa barang-barang seperti halnya baju, makanan dan perlengkapan pribadi lain saat melakukan Pendakian ke puncak Lereng Paseban, Ransel yang secara peruntukannya di buat untuk keperluan mendaki, Tas yang didesain khusus dengan ketahannya. Carrier dalam peruntukannya sebagai Perlengkapan Hiking dan Trekking di Puncak, Carrier biasanya di bedakan menurut kapasitas angkut atau muat yang di sematkan kedalam satuan liter, Carrier atau Tas Ransel Gunung umumnya mempunyai kemampuan daya tampung yang luas dan ketahanan yang kuat karena memang diperuntukan untuk keperluan Traveling yang biasanya akan membawa barang bawaan dengan jumah yang banyak dan berat.

Kompas

Kompas atau alat bantu petunjuk arah, merupakan salah satu alat bantu navigasi yang sangat penting bila kalian hendak melakukan aktivitas pendakian yaitu Mendaki Gunung di Puncak, apalagi dalam prosesnya menjelajahi bukit, tebing dan gunung yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya atau suatu tempat yang sama sekali belum terjamah, Kompas akan menjadi menjadi senjata pamungkas bagi para pengembara dalam menapaki jejak petualang. Kompas yang berfungsi sebagai alat navigasi yaitu penunjuk arah dimana mempunyai ketepatan dalam menentukan penjuru seperti halnya arah barat, timur, utara dan selatan yang bisa kalian jadikan acuan bila mana hendak menempuh perjalanan menuju ke suatu tempat.

Baju Ganti dan Mantel

Baju dan Mantel, adapun yang dimaksud disini adalah pakaian ganti dan perlengkapan lain seperti halnya t-shirt, celana, jaket dan mantel tahan air guna melindungi kita dari kebasahan bilamana menghadapi cuaca buruk atau hujan. Kenapa kalian harus membawa beberapa pakaian ganti, itu dia Sob / Sis, karena ditakutkan kalian akan mendapati momen dimana cuaca yang sedang kurang baik, hujan dan sebagainya saat Mendaki Gunung Paseban, juga sebagai ganti dari baju / kaos yang basah akibat keringat, kotor dan bau selama di perjalanan. Mantel Gunung, adalah salah satu perlengkapan pendakian yang sangat penting untuk tetap membuat tubuh kita kering, setidaknya meminimalisir angota badan kalian dari kedinginan.

Makanan

Makanan, adalah barang bawaan yang sangat penting dan wajib, so jangan sampai ketinggalan saat kalian akan melakukan Trekking di Puncak, selain makanan pokok, adapun terdapat beberapa camilan dan minuman sebagai teman kita dalam aktivitasnya menapaki jejak petualangan di Lereng Gungung Paseban, sebagai pelepas dahaga saat melakukan Aktivitas Pendakian dan sebagai pemulih stamina. Adapun yang dimaksud disini adalah beberapa bahan pokok bersifat konsumtif, bisa berupa makanan siap saji, aneka bahan masakan dan snack atau camilan, jangan lupa juga untuk membawa peralatan masaknya ya Sob / Sis.

Kotak P3K

Kotak P3K, atau yang berasal dari kata Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, adalah salah satu perlengkapan wajib yang harus kalian bawa saat melakukan aktivitas Hiking dan Trekking di Puncak maupun pendakian gunung manapun, karena secara fungsionalnya adalah untuk media pengobatan apabila terjadi sebuah kecelakaan, amit-amit ya gais. Sebuah langkah sebagai tindakan pertama untuk mengobati luka, sakit dan sebagainya, adapun yang terdapat didalamnya adalah obat-obatan, plester, perban, betadin dan beberapa diantaranya. Kotak P3K dibeberapa tempat pendakian menjadi salah satu syarat wajib yang harus ada saat pemeriksaan sebelum kalian memasuki Jalur Trekking sebagai langkah antisipasi bila mana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Matras dan Sleeping Bag

Matra dan Sleeping Bag, adalah perlengkapan tidur dan bersantai dibawah rindangnya pepohonan, sebagai alas kita merebahkan diri setelah lelah berjalan menyusuri Jalur Setapak Menuju Puncak keberadaan Lereng Gunung Paseban yang menyuguhkan keindahan. Matras, biasanya terbuat dari bahan terpal, adapun yang terbuat dari bahan spon dengan ketebalan tertentu yang berguna sebagai alas pelindung saat kita duduk, bersantai maupun membaringkan diri. Sleeping Bag, adalah Perlengkapan Hiking dan Trekking yang tidak kalah pentingnya Sob / Sis, Kenapa? Sleeping Bag adalah salah satu media untuk kita menghangatkan diri dari dinginnya cuaca pegunungan, ibarat selimut yang umumnya terbuat dari bahan parasut yang didalamnya dilapisi bahan polar bulu, itu loch yang seperti kain boneka.

Tenda

Tenda atau peralatan berkemah merupakan salah satu perlengkapan yang wajib kalian bawa jika hendak bermalam di sela-sela pendakian, sebuah media untuk kita melepas keletihan dan membaringkan diri akibat lelah berjalan dalam menapaki ketinggian. Terdapat beberapa Tempat Trekking yang menyediakan fasilitas atau lahan yang bisa kalian gunakan untuk mendirikan tenda, suatu lokasi yang bisa kalian pakai untuk berkemah dan menyalakan api unggun serta menikmati malam dari ketinggian di puncak gunung, Uyeah… Menghabiskan Malam di Ketinggian.

Alat Serba Guna

Peralatan Serba Guna yang dimaksudkan disini adalah, perlengkapan pendukung serangkaian aktivitas Hiking dan Trekking di Puncak seperti halnya pisau, webbing, senter, tongkat atau trekking pole dan sebagainya. Seperti gunanya yang merujuk kepada kata benda, perlengkapan yang akan mensupport aktivitas kalian selama melakukan penjelajahan di Lereng Gunung Paseban, seperti pisau yang berfungi untuk memotong, mengiris dan juga bisa digunakan untuk menebang ranting maupun batang pohon untuk dijadikan api unggun. Peralatan atau perlengkapan yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan menurut fungsinya.

Kantong Plastik

Kantong Plastik, perlengkapan yang satu ini jangan sampai tertingal ya Sob / Sis, Kenapa? Plastik sangat peting sekali untuk membawa beberapa barang bekas pakai kita, untuk menyimpan pakaian bekas ganti kita selama melakukan serangkaian aktivias Hiking dan Trekking di Puncak sebelum di masukan kedalam ransel serta sebagai media tempat kita menyimpan dan mengumpulkan sampah atau bungkus makanan yang dihasilkan selama kalian melakukan trekking di gunung, ingat jangan sesekali kalian mengotori alam ya gais. Plastik menurut fungsinya untuk menjaga tercecernya barang bawaan kita, baik itu pakaian kotor maupun bekas sampah makanan dan aktivitas, karena seorang petualang akan senantiasa menjaga kelestarian alamnya.

Mendaki Gunung; Trekking, Hiking dan Climbing

jalur trekking di puncak

Trekking di Puncak, Adapun terdapat beberapa Metode Pendakian, Trekking dan Hiking yang bisa kalian lakukan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan dalam meluapkan hasrat petualangan. Metode yang bisa kalian gunakan dalam menapaki jejak sang petualang diantaranya adalah dengan menyusuri jalan setapak, berkendara off-the-road dan menggunakan motor trail, berikut adalah pengertian dari beberapa metode pendakian gunung :

Trekking di Puncak; Rute Jalur Setapak

Menyusuri Rute dan Jalur Setapak menuju puncak yang dimaksud disini adalah melakukan aktivitas pendakian, Trekking dan Hiking dengan cara menyusuri jalan atau rute yang telah disediakan ( Rute Pendakian ) biasanya berupa Jalur Pendakian Setapak Menuju Puncak, melalui aliran sungai, tebing dan ketinggian. Tempat kita berpijak pada ketinggian dan tebing-tebing pendakian, biasanya seorang pendaki akan membawa beberapa alat bantu seperti halnya Trekking Polo / Tongkat Daki, Kompas dan Senter untuk menjaga apabila kemalaman di gunung ataupun jika memang diniatkan untuk Camping di Puncak atau bermalam di gunung, nah apabila kalian memang berniat untuk bermalam di gunung ( Camping ) harus lebih mempersiapkan alat dan perbekalan seperti yang telah di bahas pada paragraf sebelumnya.

Trekking di Puncak; Berkendara Offroad

Mengendarai Motor Trail maupun Mobil Offroad / Kendaraan Offroad ( Four Wheel Drive ) adalah salah satu media atau alat bantu transportasi yang bisa kalian gunakan untuk menjelajah / menapaki Lokasi Trekking dan Hiking di Puncak, Sebuah alat transportasi yang bisa mengantar kalian menuju ketempat pendakian menjelajah perbukitan dan belantara hutan melewati medan terjal, tanah lumpur dan bebatuan, adapun terdapat beberapa tebing curam di dalamnya. Offroad di Puncak, Selain tidak akan membuat anda lelah karena melakukan perjalanan yang jauh, alat bantu transportasi ini juga akan memberikan sensasi tersendiri yaitu berkendara menjelajahi keindahan alam menggunakan kendaraan off-road. Adapun yang dimaksud Kendaraan Offroad disini adalah alat bantu transportasi berupa motor atau mobil yang di khususkan dalam penggunaannya.

Mendaki Gunung; Jalur Setapak Menuju Puncak

jalur hiking

Mendaki Gunung, Salah satu Rute Pendakian Favorit di Kawasan Puncak, Kab. Bogor yang menjadi rujukan para petualang untuk meluapkan hasrat dan meraih sensasi dalam melakukan aktivitas pendakian, that’s one of the best route for climbing.  Terletak di balik gemerlapnya kota, berada di suatu desa di belahan Kabupaten Bogor, Gunung Paseban dengan hadir segala keunikan serta kemegahan yang terdapat di alamnya, sebuah habitat dimana terdapat perpaduan yang menawan antara lembah dan perbukitan, adapun terdapat beberapa pancuran air terjun yang memberikan daya tarik tersendiri bagi para penikmat suasana, tempat dimana kalian bisa dengan leluasa mengexplore keindahan alam dan keberagaman hayati yang lugas dalam menunjukan eksistensinya.

Trekking adalah serangkaian aktivitas perjalanan wisata bertema alam bertajuk petualangan dalam kaidah menapaki ketinggian melalui tebing pendakian adapun termasuk didalamnya adalah wisata jelajah hutan.

Kampung Paseban, Terletak di antara kemegahan alam di lingkup oleh pegunungan dengan beragam keindahan hayati dimana terdapat beberapa air terjun termasyur. Desa Megamendung adalah tempat ia bernaung, menjadikan dirinya sebagai bagian dari potensi kepariwisataan yang menonjolkan keindahan alam desa dengan lokalitas adat tempat ia menampakan eksistensinya, suatu kawasan terpencil dari sudut kemewahan kota di belahan Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Negara Republik Indonesia.

Thank’s Was Present a Nice Hiking Experience For Me and My Family tutur Mr. Jhon salah seorang wisatawan asing berkewarga negaraan Swedia, kala itu kami berlima bersama keluarga setengah baya Mr. Jhon, Mis. Anna and Maurine his lovely daughter, 29 Maret 2021 adalah hari dimana kita memulai petualangan menjelajahi Keindahan Alam Puncak setelah sebelumnya mereka berkemah di salah satu Tempat Camping Ternama yang berada di Lereng Paseban, Kawasan Hutan Pinus dengan penempatan Campsite yang menawan, Area Camp yang terletak di dekat air terjun termasyur ( Curug Panjang ) tempat mereka menghabiskan malam di lingkup pegunungan dengan cara mendirikan beberapa tenda serta kelengkapan perbekalannya.

Mendaki Gunung; Petualangan di Gunung Paseban

mendaki puncak gunung

Treeking di Puncak, Tepat pukul tujuh kami berlima yaitu Mr. Jhon, Mis. Anna beserta seorang belia berusia 13 tahun bernama Maurine, termasuk saya dan Kang Adoel memulai petualangan dengan Rute Air Terjun Curug Panjang yang menjadi destinasi pertama selepas melangkahkan kaki dari Highland Camp melalui Jalur Setapak diantara Belukar dan melewati beberapa aliran sungai kecil yang menawarkan kejernihan mata air pegunungan.

Baca Juga : Tempat Hiking di Puncak

Jalur setapak menuju puncak, menapaki Jejak Sang Petualang diiringi riuh burung yang bernyanyi riang seakan bersemangat menyambut hari, tepat pukul 08.45 wib tibalah kami di Air Terjun Curug Panjang setelah melewati beberapa pancuran yang termasuk kedalam turunannya sebelum nanti kita melanjutkan perjalanan menuju spot berikutnya yaitu Curug Cibulao dimana menjadi hulu dari beberapa pancuran air terjun yang terdapat di kawasan Lereng Paseban.

Rute Trekking; Air Terjun Curug Panjang

Curug Panjang, Menawarkan berjuta pesona keindahan bagi setiap orang yang memandangnya, bentuk keindahan yang dihadirkan melalui kejernihan mata air pegunungan yang mengalir melalui celah bebatuan yang terdapat di Lereng Gunung Paseban, keindahan dari pancuran Air Terjun Curug Panjang telah menjadikan sebuah daya tarik tersendiri terhadap para wisatawan, dapat terlihat dari banyaknya pengunjung yang berasal dari golongan wisata lokal adapun mancanegara, Wonderful Pisan.

Curug Panjang, memiliki pesona dengan segala keunikan, keunggulan dan kejernihan air yang meluncur tegas dari lereng bebatuan yang memiliki ukuran kurang lebih 18+ Meter, adapun di juluki Air Terjun Curug Panjang dikarenakan terdapat beberapa kesatuan air terjun dengan turunannya yaitu terdapat Curug Naga, Curug Barong, Curug Priuk dan Curug Orok. Salah satu icon di tempat itu ( Gunung Paseban ) adalah Curug Panjang, adapun diambil dari nama sebuah air terjun yang tersemat pada kawasan wisata tersebut, spot pancuran air yang berada di Lereng Gunung Paseban dengan keunggulan daya tarik dan aktifitasnya, Waktu Menunjukan Pukul 10.00 wib, Yuk Kita Lanjut Petualangan ke Trek Berikutnya.

Rute Trekking; Air Terjun Curug Cibulao

Curug Cibulao, merupakan jajaran air terjun yang menjadi hulu dari beberapa turunan air terjun yang barada di Kampung Paseban, berada dalam satu aliran sungai yang merujuk ke Curug Panjang, Curug Naga, Curug Barong dan Curug Orok. Curug Cibulao, menurut beberapa keterangan dari masyarakat sekitar, dahulu mempunyai nama atau sebutan yang dikenal dengan Air Terjun Curug Hulu, yang berarti Kepala Air Terjun dalam pelafalan bahasa Nasional.

Curug Cibulao, seganap masyarakat atau penduduk yang mendiami kawasan Lereng Gunung Paseban ( Kp. Paseban ) menjadikan aliran Curug Cibulao / Curug Hulu sebagai salah satu sumber air untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta irigasi pertanian, Lalu Kenapa di Sebut Curug Cibulao? Ya Mungkin itu dikarenakan Air Terjun Curug Cibulao berwarna kebiruan, merujuk kepada warna air yang terlihat berkilau kebiru-biruan seperti halnya warna bulao. Tak terasa waktu merujuk dengan cepat dan terasa sangat singkat, saat ini pukul 12.00 wib, Sudah Waktunya kita Kembali Tegas Kang Arnas, Makan Siang Telah Menanti, dan Kita pun Kembali.

Mendaki Gunung; Tempat Hiking, Trekking dan Climbing

Trekking di Puncak, Terdapat beberapa lokasi pendakian yang menarik di kawasan Puncak, Bogor dan Sentul yang bisa kita datangi untuk melakukan aktivitas Wisata Petualangan dan Pengembaraan bertajuk Trekking, Hiking dan Climbing, tempat ini dapat kalian jadikan alternatif sekedar untuk meluapkan hasrat pengembaraan bertema Wisata Alam Berbasis Petualangan, salah satunya terletak di Lereng Gunung Paseban atau yang kerap di sebut Kampung Paseban dengan segala keunikannya dan keberagaman air terjun dan kekayaan hayati di dalamnya.

Baca Juga : Tempat Hiking di Puncak

Adapun terdapat beberapa lokasi lain yang bisa anda gunakan untuk Aktivitas Pendakian seperti halnya Puncak Kencana, Air Terjun Curug Tujuh, Bukit Cisadon dan Curug Halimun di Kaki Gunung Pangrango. Lereng Gunung Paseban dapat anda jadikan alternatif sebagai Tempat Trekking selanjutnya dalam mengisi agenda wisata keluarga, wisata ramah dan wisata rekreasi, Lereng Paseban bila dilihat secara keberadaan dan kontur alamnya yang tidak terlalu sulit menjadikan tempat tersebut sangat cocok untuk pemula dan keluarga yang ingin mencoba sensasi petualangan di hutan belantara.

Goresan Pena Sang Pengembara; Alam dan Wisatanya

Sudah selaknya bagiku, kamu, kita dan kalian wahai jiwa-jiwa pengembara dalam meluapkan hasrat petualangan, dalam melakukan serangkaian aktivitas Trekking, Jelajah Alam dan Pendakian, sebagai pemenuhan sensasi dan keinginan dalam menapaki jejak sang petualang haruslah berlaku bijak dalam menjalankan segala sesuatunya sesuai dengan keilmuan, mengamalkan nilai adat budaya ketimuran, menjaga tata krama serta keikutsertaan dalam menjaga seluruh ekosistem yang telah tuhan berikan untuk kita sebagai bentuk kecintaannya terhadap manusia.

Hadena Indonesia; Go Adventure And Get Your Experience

Hadena Indonesia bertajuk Go Adventure And Get Your Experience mengajak anda untuk menjelajahi ruang semesta keindahan alam dengan beberapa metode penerapan, diantaranya adalah sensasi berkendara Offroad di Puncak, menyediakan dan mempersiapkan seorang interpreter yang akan memandu perjalanan anda, kami juga menawarkan beragam aktivitas outdoor berbasis petualangan lain seperti halnya paintball, rafting dan camping.

contact whatsapp hadena indonesia

WhatsApp

Tag in : Trekking di Puncak, Pengertian Trekking dan Hiking, Tempat Trekking di Puncak, Trekking di Bogor, Rute Trekking dan Hiking di Puncak, Gunung Paseban, Perlengkapan Pendakian, Metode Pendakian di Puncak, Berkendara Offroad, Offroad di Puncak, Mendaki Gunung Paseban, Jalur Bendi, Wisata Petualangan, Wisata Alam Puncak, Explore Puncak, Jelajah Alam, Jalur Setapak Menuju Puncak, Tempat Camping di Puncak, Goresan Pena Sang Pengembara, Adventure Experience

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *