Hiking di Puncak; Tempat Wisata Hiking di Puncak, Bogor dan Sentul

Hiking di Puncak, Tempat Wisata Hiking di Puncak, Bogor dan Sentul yang wajib kalian datangi, terdapat beberapa Rute dan Jalur Hiking yang bisa kalian tempuh untuk melakukan serangkaian aktvitas dan kegiatan Wisata Pendakian di kawasan Puncak, Bogor dan Sentul, Pilihan Rute dan Jalur Hiking Terbaik Yang Bisa Kalian Jelajahi Untuk Mendaki Puncak Gunung Tertinggi. Berikut adalah beberapa Lokasi Hiking dan Trekking di Puncak, Bogor dan Sentul yang bisa kalian jelajahi untuk meluapkan hasrat petualangan dalam melakukan Aktivitas Pendakian menuju puncak gunung tertinggi, beberapa diantaranya adalah Lereng Gunung Paseban, Curug Tujuh Cilember, Puncak Gunung Kencana, Bukit Cisadon dan Situ Rawa Gede Sentul Bogor. Lokasi Hiking Favorit dan Jalur Trekking yang sedang hits di Puncak, Bogor dan Sentul yang bisa kalian jadikan sebagai alternatif lokasi pendakian.

Hiking di Puncak, Tempat Wisata Hiking di Puncak, Bogor dan Sentul yang bisa kalian datangi untuk meluapkan keinginan berpetualang mendaki puncak gunung tertinggi, Puncak adalah lokasi dimana terdapat beragam medan pendakian untuk melakukan aktivitas Hiking, Trekking dan Climbing dengan segala kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Sebelum mendaki lebih jauh, alangkah baiknya kita meluangkan waktu sejenak untuk lebih mengenal dan saling menyapa, Hallo… Perkenalkan, kami yang mengusung brand Hadena Indonesia bertajuk Go Adventure And Get Your Experience adalah pegiat Wisata Berbasis Petualangan yang berkedudukan di Puncak, Bogor, Jawa barat. Misi kami adalah memberikan kemudahan untuk anda para jiwa-jiwa pengembara dalam menapaki jejak petualang.

Hiking adalah sebuah aktivitas perjalanan wisata bergenre petualangan menapaki medan terjal dan bebatuan melalui jalur yang sudah ditentukan, Rute dan Jalur Hiking biasanya berupa jalan setapak melalui celah-celah perbukitan dan menyusuri aliran sungai yang memang ditetapkan sebagai medan perlintasan, Hiking di Puncak merupakan sebuah perjalanan yang bersifat fun atau kesenangan dan biasanya dapat ditempuh dengan waktu singkat, bahkan hanya berdurasi beberapa jam saja atau kurang dari satu hari, adapun terdapat serangkaian program yang menarik didalam alur perjalanannya, seperti halnya memberikan sebuah bentuk informasi atau yang di kenal juga sebagai jalur interpretasi.

Trekking, adapun yang dimaksud Trekking adalah sebuah perjalanan yang panjang dan biasanya memakan waktu yang lebih lama bila dibandingkan dengan Wisata Hiking dimana jarak dan durasinya lebih tidak bisa di prediksi, Trekking di Puncak merupakan serangkaian aktivitas perjalanan menuju kepada suatu kawasan yang secara umum berada dipedalaman dimana secara eksistensinya belum terlalu banyak diketahui dan dikunjungi oleh wisatawan, seperti halnya expedisi menuju kedaerah pedalaman dimana sarana dan prasarananya pun belum begitu tersedia, adapun terdapat sebuah kesamaan tentang persepsi Hiking dan Trekking yang memang tidak terlalu signifikan akan tetapi mempunyai kedalaman arti yang tidak bisa disamakan.

Climbing, adapun yang dimaksud dengan Climbing adalah serangkaian aktivitas dan kegiatan mendaki puncak gunung tertinggi, baik itu berupa aktivitas pendakian tebing-tebing curam maupun perbukitan, Climbing biasanya menggunakan beberapa perlengkapan khusus yang berfungsi sebagai supporting tools seperti halnya Carabiner, Harness dan Ascender. berikut ini adalah beberapa Tempat Wisata Hiking dan Trekking di Puncak, Bogor dan Sentul yang bisa kalian datangi guna meluapkan hasrat petualang dalam kaidahnya melakukan sebuah perjalanan menuju kepada suatu kawasan dimana terdapat spot-spot yang menawan.

Perlengkapan Hiking, Trekking dan Climbing

perlengkapan trekking dan hiking

Perlengkapan Hiking, Trekking dan Climbing yang wajib kalian bawa dan persiapkan sebelum melakukan serangkaian aktivitas penjelajahan, dapun terdapat beberapa peralatan dan perlengkapan penting guna mensupport segala aktivitas pendakian, penjelajahan dan petualangan, beberapa alat bantu yang akan membantu kelancaran dari serangkaian aktivitas dan kegiatan yang akan kalian lakukan seperti halnya Hiking, Trekking dan Climbing di Puncak, berikut adalah peralatan dan perlengkapan pendukung aktivitas Hiking, Trekking dan Climbing yang wajib kalian bawa.

1. Sepatu Gunung

sepatu gunung

Perlengkapan Hiking, Trekking dan Climbing yang pertama adalah sepatu gunung atau boot, merupakan jenis sepatu berbahan khusus dan berdaya tahan istimewa yang diperuntukan untuk mendukung  Aktivitas Hiking dan Trekking, umumnya sepatu gunung terbuat dari bahan kulit dan memiliki alas yang tidak licin apalagi saat dipergunakan untuk menyusuri aliran sungai, menginjak genangan air maupun saat berpijak pada bebatuan dengan tingkat kelembaban alamnya.

2. Ransel Carrier

ransel carrier

Perlengkapan Hiking, Trekking dan Climbing yang kedua adalah Ransel Carrier atau tas khusus pendakian yang biasa disebut dengan istilah Ransel Gunung, sebuah media untuk membawa barang-barang kita seperti halnya baju, makanan dan beberapa perlengkapan pribadi lainnya. Ransel Carrier biasanya dibedakan menurut kapasitasnya yaitu dengan skala ukuran liter, merupakan sebuah tas yang secara peruntukannya di buat khusus untuk membawa segala keperluan pendakian dalam serangkaian aktivitas dan kegiatannya seperti Hiking, Trekking dan Climbing, dalam pengembaraannya menapaki jejak petualang mendaki puncak gunung tertinggi.

3. Kompas Navigasi

kompas navigasi

Perlengkapan Hiking, Trekking dan Climbing yang ketiga adalah Kompas Navigasi, merupakan alat bantu navigasi yang berfungsi sebagai petunjuk arah, Kompas Navigasi merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting saat melakukan aktivitas Hiking dan Trekking, bagian dari peralatan yang tidak boleh ketinggalan apabila kalian hendak melakukan serangkaian aktivitas pendakian, penjelajahan dan pengembaraan seperti halnya Hiking, Trekking dan Climbing. Kompas Navigasi merupakan perlengkapan yang sangat berguna dalam prosesnya untuk menjelajahi perbukitan, tebing-tebing curam dan pegunungan.

4. Mantel Jas Hujan

perlengkapan trekking mantel jas hujan

Perlengkapan Hiking, Trekking dan Climbing yang keempat adalah Mantel Jas Hujan, salah satu perlengkapan yang sangat penting dalam melakukan aktivitas penjelajahan alam seperti halnya Hiking, Trekking dan Climbing dimana pada serangkaian prosesnya dilakukan pada area terbuka diantara tebing-tebing yang tinggi menjulang, adapun melewati lembah-lembah dan perbukitan, merupakan perlengkapan pendukung dalam melakukan serangkaian Aktivitas Hiking dan Trekking dimana cuaca buruk seringkali menghadang.

5. Kotak P3K

perlengkapan camping dan trekking p3k

Perlengkapan Hiking, Trekking dan Climbing yang kelima adalah Kotak P3K, yang berarti Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan salah satu peralatan yang wajib kalian bawa saat melakukan serangkaian aktivitas pengembaraan seperti halnya Hiking, Trekking dan Climbing. Kotak P3K bila dilihat dari fungsionalnya merupakan bentuk antisipasi pada pertolongan pertama yang berfungsi sebagai sarana pengobatan ringan apabila terjadi sebuah kecelakaan, adapun yang terdapat pada Kotak P3K biasanya berupa Perban, Plester, Betadine, Kapas, Ekspos, Mitela dan Beberapa Obat-Obatan.

Tempat Wisata Hiking di Puncak, Bogor dan Sentul

tempat hiking di bogor

Tempat Wisata Hiking di Puncak, Bogor dan Sentul yang wajib kamu datangi untuk meluapkan hasrat petualangmu mendaki puncak gunung tertinggi, Hiking dan Trekking adalah sebuah kegiatan wisata bergenre petualangan dalam aktivitasnya melakukan perjalanan, menjelajahi perbukitan dan mendaki gunung yang di dalamnya terdapat Jalur Hiking dan Rute Trekking menuju kepada puncak ketinggian dan tebing-tebing pendakian. Wisata Hiking dan Trekking biasanya di lakukan oleh seorang pecinta alam dan penghobi adventure, berikut ini akan kami bahas secara ringkas beberapa Tempat Wisata Hiking yang hits di seputaran Puncak, Bogor dan Sentul, tempat dimana terdapat sebuah Jalur Hiking dan Trekking yang bisa kita gunakan dalam melakukan Aktivitas Pendakian. Kawasan Puncak sebagai destinasi Wisata Alam di belahan Kota Bogor, Kawasan Sentul pun tidak kalah menarik untuk di jadikan alternatif liburan bertema alam.

Tempat Wisata Hiking di Puncak, Bogor dan Sentul, Mendaki Puncak Gunung Tertinggi, adapun dalam aktivitasnya melakukan Pendakian, Trekking, Hiking dan Climbing menuju kepada Puncak Gunung Tertinggi yang berada di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Menapaki Jejak Sang Petualang melalui Jalur Hiking Favorit, sebuah perjalanan dalam pengembaraan meraih sensasi yang timbul dari kecintaannya terhadap alam, menuntun langkah mendaki tebing-tebing curam dan terjalnya medan perbukitan. Hiking dan Trekking yang kami lakukan menjadi salah satu bagian dari serangkaian program Wisata Bertajuk Alam yang kami selenggarakan di kawasan Puncak, Bogor dan Sentul. Adapun diantaranya terdapat Jalur Hiking dan Trekking menyusuri lembah, jalur setapak dan susur sungai menuju ke tempat-tempat menarik seperti halnya air terjun dan telaga.

1. Gunung Paseban; Tempat Hiking dan Trekking di Puncak

tempat hiking di bogor
hiking di puncak
trekking di puncak bogor
contact whatsapp hadena indonesia

WhatsApp

Tempat Hiking di Puncak, Menapaki jejak Sang Petualang di belantara Hutan Paseban yang berdiri kokoh diantara kemegahan Puncak Gunung Pangrango yang menyuguhkan keindahan panorama alam Puncak di belahan Kota Bogor, Jawa barat. Adapun terdapat beberapa gunung yang turut menopang keberadaan dari kawasan hutan tersebut (Gunung Paseban, 1.380+ Mdpl) adalah Gunung Garungsang dengan ketinggian puncak mencapai 1.140+ Mdpl, Gunung Malang dengan ketinggian 1.390+ Mdpl di sisi utaranya, Gunung Kencana di sebelah timur dengan ketinggian 1.790+ Mdpl dan beberapa di antaranya.

Tempat Hiking di Puncak yang bisa kalian explore keberadaannya, Jalur Trekking Favorit dan Rute Hiking Yang Sedang Hits di Puncak, Bogor. Wisata Hiking di Lereng Gunung Paseban, adalah sebutan untuk sebuah perkampungan yang berada di lingkup gunung belahan Kota Bogor, tepatnya di Desa Megamendung, Puncak. Suatu kawasan tempat ia menampakan eksistensinya diantara riuh pepohonan pinus dan keindahan alamnya. Wisata Hiking di Lereng Gunung Paseban dapat kalian tempuh melalui akses Kp. Abuya yang sarat akan budaya islamnya, Adapun jalan Situhiang adalah akses yang akan anda lalui sebelum masuk ke perkampungan Paseban. Yuk Mari Kita Sejenak Menepi dari gemerlapnya kota dimana terdapat sebuah perkampungan yang sarat akan kekayaan hayati dan keberagaman ekosistemnya.

Tempat Hiking di Puncak, Lereng Gunung Paseban, Seperti nama-nama tempat kebanyakan yang berada di Tatar Pasundan ( Tanah Sunda ) selalu merujuk kepada sebuah keberadaan, makna, keunikan, keunggulan serta peristiwa yang kemudian di sematkan kedalam sebuah nama dari tempat tersebut, salah satu bentuk adat budaya kearifan lokal dalam memaknai sebuah lokasi sehingga menjadi sebuah ciri dan keunikannya tersendiri, sungguh menginspirasi ya gais. Trekking dalam aktivitasnya menjelajahi belantara hutan dan menyusuri aliran sungai menuju puncak ketinggian diantara tebing-tebing curam, terdapat juga sebuah area berkemah di dalam kawasan Hutan Pinus Gunung Paseban, Family Camp di Puncak yang pada akhir pekan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin bermalam bernuansakan alam dan pegunungan, sungguh suatu hal yang sangat menarik untuk dilakukan.

Lereng Gunung Paseban atau yang kerap di sapa Hutan Pinus Paseban adalah bukti Keagungan Tuhan dalam mencurahkan kecintaannya kepada seluruh umat manusia terutama yang berada di Tatar Pasundan (Tanah Sunda) dengan kelekatan adat seni dan budayanya, bak sebuah karya arsitektur lanskap yang menaburkan pesona di setiap mata yang memandangnya dan mengundang khalayak untuk pergi menapakinya, Ayee… Akupun Tak Kuasa. Lereng Gunung Paseban, sebuah kawasan wisata dengan keberagaman Air Terjun, Tempat Camping dan Jalur Trekking yang berada di dataran tinggi Puncak, Kabupaten Bogor ini kerap kali di jadikan sebagai ajang pemuas hasrat oleh jiwa-jiwa petualang dalam mencurahkan kecintaannya terhadap hobi penjelajahan alam, Kenapa? Usut Punya Cerita itu karenakan di kawasan tersebut terdapat banyak sekali Jalur Trekking yang bisa kita explore dengan segala keindahan hayati yang ada di dalamnya, Hayati Lelah bang… Ups bukan Hayati yang itu Sis.

Siang itu di Lereng Paseban, Jalur Trekking dan Hiking di Puncak bila di lihat dari sisi keberadaannya, Lereng Gunung Paseban didominasi oleh kawasan hutan dengan kontur alam berupa lembah dan perbukitan yang menjulang layaknya singgasana sang raja berhias mahkota dengan keberagaman hayati bak permaisuri nan anggun dan elok di pandangan mata, kala itu tepat di tanggal 9 Januari 2021 pukul tujuh kami mulai melakukan pendakian bersama tiga orang gadis belia berparas ayu yang dipenuhi hasrat petualang. Bermula dari sebuah Tempat Camping di Puncak, Kak Riska adalah seorang Penghobi Trekking diantaranya, adapun diantara ketiga gadis itu terdapat dua orang pria tampan bergaya trendi dengan kaca mata kekinian terlihat perlente dan penuh keyakinan serta persiapan yang matang, tampak dari jumlah perbekalan yang disematkan pada ranselnya, Rek Kamana Atuh Gaya… Tutur Kang Arnas salah satu rekan pendakianku dengan penuh canda dan mereka pun ikut tertawa diantara gelagat dan ketidak pahaman akan Bahasa Sunda. Paseban, sungguh perpaduan yang menawan layaknya pendakian di lingkup hutan bernuasa tropis di belantara Kalimantan, Uyeah… teriak Kak Riska dengan penuh semangat.

Sejarah Singkat Lereng Gunung Paseban Sebagai Tempat Hiking di Puncak

Sejarah Singkat Lereng Gunung Paseban Sebagai Tempat Hiking di Puncak, sebuah nama yang di sematkan terhadap suatu desa yang berada di puncak ketinggian di balik gemerlapnya Kota Bogor dimana bermukim beberapa kepala keluarga yang hidup dengan cara bercocok tanam dan memelihara beberapa satwa, sedangkan arti Paseban itu sendiri menurut pandangan beberapa tokoh merujuk kepada pembendaan kata Saba-Pasabaan yang bisa di artikan sebagai Tempat Singah-Persinggahan, dengan segala hormat dan kerendahan hati mohon maaf sekiranya apabila terdapat kesalahan dalam penerjemahan artikulasi.

Wisata Hiking di Gunung Paseban Melewati Pohon Kiara Yang Melegenda

Wisata Hiking di Gunung Paseban Melewati Pohon Kiara Yang Melegenda, Terdapat sebuah pohon yang melegenda di area tersebut, sebuah pohon yang menjadi primadona sejak dulu kala, Kiara Kolong begitulah masyarakat sekitar menyebutnya. Berada di pengkolan belah wetan dari keberadaan air terjun termasyur yaitu Curug Panjang, Kiara Kolong adalah sebuatan yang disematkan terhadap sebuah pohon berjenis Kiara atau yang dikenal dengan nama latin sebagai Ficus Benjamina, sebuah pohon dengan postur besar dengan beberapa batang yang kekar membentuk akar sebagai penopang keberadaannya di bumi pertiwi, So… Kenapa di Sebut Kiara Kolong? itu karena batang-batang pohonnya tampak terbelah dua sehingga membentuk lubang di tengahnya (Seperti Kolong) yang seakan nampak seperti gerbang menuju dunianya, Ups kok jadi merinding ya gais… Ampun Palalun.

Mendaki Gunung Paseban Melalui Jalur Hiking Yang Telah di Sediakan

Mendaki Gunung Paseban Melalui Jalur Hiking Yang Telah di Sediakan, adalah salah satu Lokasi Trekking dan Hiking di Puncak yang dapat anda jadikan sebagai destinasi wisata dalam aktivitasnya melakukan pendakian kepuncak ketinggian, wisata alam berbasis petualangan yang merujuk kepada jelajah hutan dimana terdapat beberapa spot menarik di dalamya seperti air terjun Curug Panjang, Curug Naga dan Curug Cibulao dengan keunggulannya masing-masing yang bisa kita explore keberadaannya, nanti kita bahas dua diantaranya, kita ambil yang paling populer aja kali sob, terdapat pula Jalur Trekking untuk kita jelajahi dan Tebing untuk kau daki. Uyeah… Masih Adakah Jiwa Petualang Yang Melekat di Ragamu?

Air Terjun Curug Panjang; Rute Hiking dan Trekking di Puncak Gunung Paseban

Wisata Hiking Curug Panjang, merupakan salah satu Rute Trekking dimana terdapat sebuah pesona keindahan yang dihadirkan dari aliran sungai yang terdapat di kawasan tersebut, keindahannya telah menjadikan sebuah daya tarik terhadap para wisatawan, terlihat dari banyaknya kunjungan dari wisatawan lokal maupun mancanegara, Hade Pisan. Wisata Hiking Curug Panjang dengan kolam terjun berdiameter 8+ Meter yang keberadaannya telah menorehkan kepopuleran di kawasan Hutan Paseban.

Curug adalah aliran sungai yang terbentuk karena terjadinya patahan bumi sehingga terdapat terjunan air atau dapat juga disebabkan oleh adanya gugusan erosi yang terjadi di aliran sungai yang mengalir diatas lapisan tanah atau bebatuan

Wisata Alam Puncak dalam aktivitas Trekking dan Hiking di Gunung Paseban melewati beberapa pancuran Curug Panjang dengan segala keunggulan dan kejernihan air yang meluncur dari lereng bebatuan sepanjang 18+ Meter, adapun di sebut Curug Panjang dikarenakan terdapat beberapa air terjun yang memiliki turunan yaitu Curug Naga, Curug Barong, Curug Priuk dan Curug Orok. Curug Panjang adalah nama yang disematkan pada kawasan wisata yang berada di Lereng Gunung Paseban dengan keunggulan daya tarik dan aktifitasnya, Lanjut ke Trek Berikutnya.

Air Terjun Curug Cibulao; Rute Hiking dan Trekking di Puncak Gunung Paseban

Nah ini dia sob air terjun yang menjadi Destinasi Trekking kita di Gunung Paseban, merupakan hulu dari beberapa deretan air terjun yang barada dalam satu aliran sungai yang merujuk ke turunan Curug Panjang. Hiking Menuju Curug Cibulao, menurut beberapa keterangan dari masyarakat sekitar mempunyai nama asli / sebutan sebelumnya yang dikenal dengan nama Curug Hulu, Masyarakat Paseban, yaitu penduduk yang mendiami kawasan Lereng Paseban (Kp. Paseban) menjadikan Curug Hulu sebagai salah satu sumber air bagi warga yang tinggal disekitar kampung paseban guna memenuhi kebutuhan rumah tangga dan pertanian. So Kenapa di Sebut Curug Cibulao? Mungkin itu Karena Curug Cibulao merujuk kepada warna air yang terlihat berkilau kebiru-biruan seperti warna bulao, di jamin pengen nyebur deh sob kalau sudah sampai di tkp, Lets Cekidot.

2. Curug Tujuh; Tempat Hiking dan Trekking di Puncak

trekking di sentul bogor

Tempat Hiking di Puncak yang berada di Desa Jogjogan ini berdiri megah diatas lahan seluas 7+ hektar, bertempat di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Curug Cilember atau yang kerap disapa Curug Tujuh ini berada dibawah pengelolaan RPH Cipayung, KPH Bogor. Wisata Hiking Curug Tujuh terletak pada ketinggian 900+ Mdpl dengan kontur lapangan yang secara umumnya berbukit, kawasan ini mempunyai suhu udara diantara 20dc. Selain obyek wisata air tejun, Curug Tujuh Cilember ini juga mempunyai tempat penangkaran kupu-kupu loch sob,yang disebut Taman Kupu-Kupu,  disini para pengunjung atau wisatawan bisa belajar mengenai berbagai macam spesies kupu-kupu yang terdapat di dalamnya.

Tempat Hiking di Puncak, Curug Tujuh Cilember adalah salah satu obyek wisata air terjun yang berada di Puncak, Kabupaten Bogor, Obyek Wisata Alam yang terletak di Kecamatan Cisarua ini berjarak sekitar 15+ Km dari Kota Bogor dan dapat ditempuh dalam waktu 30 s/d 40 menit. Wisata Hiking Curug Tujuh memiliki keunikan tersendiri dikarenakan obyek wisata ini mempunyai pancuran air terjun sebanyak tujuh buah, Nah itu loh alasannya kenapa dinamakan Curug Tujuh. Pesona keindahan Curug Tujuh (Tujuh Pancuran Air Terjun, pelafalan dalam bahasa Sunda) dengan kekayaan ekosistemnya, begitu anda masuk kepintu gerbang, anda akan di sambut oleh curug yang pertama dan begitu seterusnya hingga akhirnya sampailah di puncak dan bertemu dengan air terjun yang terakhir yang dikenal dengan nama Curug Tujuh.

Tempat Hiking di Puncak, Objek Wisata Curug Tujuh Cilember ini merupakan kawasan hutan wisata yang di penuhi tanaman Agathis, Rasamala dan Pinus, secara potensi dari sudut pandang visual (Lanskap) untuk menuju lokasi Curug ke Tujuh cukup menarik untuk di jadikan aktivitas Hiking / Trekking di Puncak karena memiliki pemandangan alam yang indah nan mengagumkan di sekelilingnya. Berada di dalam sebuah kawasan yang mempunyai karakteristik khas dengan tanaman hutannya serta panorama kesejukan berbuah ketentraman, Seru Juga Buat Ngadem dan Selfy Ceria Sis. Nah di dalam kawasan Curug Tujuh ini dapat pula digunakan untuk Aktivitas Berkemah, itu loch suatu aktivitas dimana kita mendirikan sebuah tenda dan menghiasinya dengan cahaya api unggun dan kehangatannya, bagi kalian yang ingin berkemah disini tersedia dua kompleks perkemahan yang bisa anda gunakan.

Curug Tujuh; Jalur Trekking dan Pendakian di Puncak

Tempat Wisata Hiking Curug Tujuh Cilember, Trekking menuju air terjun ke tujuh, Adapun terdapat pancuran dengan jeram tertinggi mencapai kurang lebih 30 meter, Wow Keren… Curug ( Air Terjun ) yang paling banyak dikunjungi atau yang paling populer adalah curug yang ke empat, Kenapa? Konon berdasarkan cerita rumor yang beredar, karena di Curug yang ke empat ini diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda, Sae Pisan Ya Sis, serta adapun asumsi yang beredar dapat mempercepat jodoh dan juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit, Maha Besar Allah dengan segala Kekuasaannya. Tepat di atas lokasi curug 7 tedapat sebuah makam yang dikeramatkan, yang pada waktu tertentu sering dikuknjungi oleh perziarah yang mencari berkah, Menurut sejarah makam ini adalah makam dari Embah Jaya Sakti yang masih memiliki garis keturunan dari Prabu Siliwangi, Pesohor Kerajaan Pajajaran.

Tempat Wisata Hiking Curug Tujuh Cilember, konon menurut cerita yang beredar adalah tempat mandinya para bidadari (putri cantik dari kayangan ) yang turun ke bumi untuk membersihkan diri di Pancuruan ke empat, Uyeah… Amazing Pisan Gais. Fasilitas yang tersedianya pun cukup lengkap dalam area ini, adapun terdapat pos jaga, pondokan kerja, loket karcis, jalur pendakian, tempat parkir, toilet, shelter, tempat duduk alam, ruang informasi dan terdapat banyak tempat sampah, ingat ya gais jangan buang sampah sembarangan.

3. Gunung Kencana; Tempat Hiking dan Trekking di Puncak

trekking di sentul bogor

Puncak Gunung Kencana, Sudahkan kalian mendaki Puncak kencana? Adalah dataran tertinggi Gunung Kencana yang terletak di daerah Puncak Bogor, Nah sesekali kalian harus coba tuh sob melakukan Aktivitas Trekking dan Hiking disini. Kamu akan terkejut saat melalui jalur pendakiannya, karena dari sini kalian bisa melihat pemandangan yang sangat menawan, yakni Gunung Gede Pangrango yang gagah nan mempesona, Aku Terpesona Memandangi Wajahmu Yang Ayu. Puncak Kencana,  berada pada ketinggian 1.803 Mdpl (Meter di Atas Permukaan Laut) yang terletak di Kampung Rawa Gede, tepatnya di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Tempat Hiking di Puncak, Adapun Telaga Warna yang berada tepat di sampingnya, Tempat Wisata Hiking di Gunung Kencana ini terletak dalam satu kawasan dengan agro wisata Telaga Warna dan Telaga Saat yang dikenal dengan sebuatan Lokasi Hiking Nol Kilometer Sungai Ciliwung Puncak, itu tuh yang lagi viral di medsos. Nah jika kalian hendak ke Telaga Warna kamu bisa mengambil jalur kanan di persimpangan, tapi kalau kalian hendak melakukan Hiking ke Puncak Gunung Kencana pilih jalur kiri, nah nanti kalian juga akan menjumpai sebuah danau yang keren bernama Telaga Saat.

Tempat Hiking di Puncak, Mendaki Puncak Gunung Kencana, kalian akan melewati beberapa anak tangga yang terbuat dari kayu, nah itu yang menjadi kemasyuran dari lokasi tersebut, Kalian Tau Apa Namanya? Tanjakan Sambalado, Seperti Lagu dangdut Bertajuk Goyang Sambalado, Tanjakan itu pun tak kalah hebohnya Sis. Puncak Gunung Kencana dapat kalian akses melalui pintu utama pos penjagaan Telaga Warna, anda bisa menjangkaunya dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, asalkan siap bergoyang ya gais lantaran medannya yang aduhai berliku dan berbatu, Tarik Sis… Semongko.

Tanjakan Sambalado; Jalur Trekking dan Pendakian di Puncak

Sambala, Sambala, do… Tanjakan Sambalado di Gunung Kencana, sebelum kita melakukan aktivitas pendakian mencapai Base Camp Kencana dari pintu masuk Kawasan Wisata Telaga Warna kalian memerlukan waktu sekitar dua jam bila berjalan kaki, Tapi kalian tidak akan menyesal sis, Kenap? Viuw nya itu Loch… Pemandangan Banget He… He… Sepanjang perjalanan menuju kawasan Puncak Gunung Kencana terhampar luas kebun teh dengan aura kehijauannya yang mempesona bak permadani. Jadi buat kalian yang suka hiking coba deh untuk mendaki Puncak Gunung Kencana ini, jangan khawatir usahlah bersedih karena di sini sudah terdapat papan petunjuk jalan yang akan menuntun kalian untuk sampai di atas puncak Kencana, Hore… Teriak salah satu peserta sambil berpose di papan ketinggian, Menuju Puncak 1.803 Mdpl.

Adapun fasilitas lain yang bisa kalian temukan adalah camping ground, tempat dimana para petualang yang melakukan pendakian mendirikan tenda untuk berkemah dan menikmati suasana ketinggian Puncak Gunung Kencana, Tersedia lahan yang cukup luas untuk menampung puluhan tenda loch gais, Selain menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian Puncak Gunung Kencana, kalian juga dapat berkemah di Puncak Kencana hanya dengan biaya sebesar Rp. 20.000 / Orang / Malam, Murah Kan Gais…

Nah ini yang terpenting gais, Bila kalian hendak mendaki Puncak Gunung Kencana, Alangkah baiknya di mulai pada pagi hari, Kenapa? Kareana Sayang untuk melewatkan momen di sepanjang perjalanan menuju area tersebut. Pastikan sebelum kalian melakukan Pendakian Gunung / Trekking, Hiking dan Climbing, kalian harus mempersiapkan perbekalan yang cukup, mental yang hebat serta fisik yang kuat, karena perjalanan yang akan ditempuh cukup panjang dan sedikit menantang. Gunung Kencana cocok sekali untuk pendaki baru / pemula karena tingkat kesulitannya tidak terlalu extrem.

4. Bukit Cisadon; Tempat Hiking dan Trekking di Sentul

mendaki puncak gunung

Bukit Cisadon Sentul, kawasan Sentul tentunya sudah tak asing di telinga para pelancong dan traveler yang berasal dari Kota Jakarta, Sentul juga menjadi lokasi populer bagi mereka yang hobi berpetualang menjelajah alam perbukitan. Sentul berada di wilayah Kabupaten Bogor, Sentul yang tersohor sebagai kawasan hijau dengan topografi perbukitan itu menawarkan beragam aktivitas Outdoor bertajuk Alam seperti halnya hiking dan trekking, Nah bagi kalian yang suka akan tantangan, Rute Pendakian Bojong Koneng dapat kalian jadikan alternatif starting dan menjadi salah satu jalur favorit para pendaki. Sentul, selain menawarkan trek yang bervariatif yaitu trek tanah merah, berbatu hingga jalur berlumpur, Uyeah… Tapi usah kau sesali, karena lelahmu akan terbayarkan oleh keindahan panorama alam di sepanjang pendakian.

Bojong Koneng; Jalur Trekking dan Pendakian di Sentul Bogor

Bukit Cisadon Sentul, Jika kalian berangkat dari Jakarta melalui jalur Tol Jagorawi maka kalian bisa keluar di pintu tol Sentul. Nah dari jalur tersebut kalian tinggal belok kiri dan selanjutnya ikuti terus petunjuk dari Google Maps dengan pencarian Bojong Koneng, itu dia lokasi favorit untuk meeting point jalur trekking di Sentul. Kawasan Sentul Bogor yang berjarak tidak terlalu jauh dari Jakarta menjadikan kawasan tersebut selalu ramai di akhir pekan, tidak hanya sebatas objek-objek wisatanya saja yang ramai tapi juga Rute Hiking / Jalur Trekking yang sedang viral di masa pandemi ini.

Banyak pelancong / travelers yang datang ke sini untuk jalan-jalan menikmati keindahan alam, trail motocross, goes sepeda juga off-road. Wisata Hiking di Sentul, pilihan Jalur Hiking / Trekkingnya cukup beragam, mulai dari trek yang asoy alias ringan sampai dengan yang extrem, seperti yang disebutkan sebelumnya, Rute Hiking / Trekking Sentul cukup bervariatif, Nah jalur Bojong Koneng menuju Cisadon menjadi salah satu Rute Hiking / Trekking yang menjadi favorit para penjelajah, terutama bagi mereka yang suka aktivitas trail run, rute ini berkisar kurang lebih 7,5 km, Uyeah… Yuk Kita Lets Go.

Jalur Hiking / Rute Trekking Bojong Koneng menuju Cisadon dapat ditempuh selama kurang lebih 3 jam (Jalan Santai) akan tetapi apabila ditempuh dengan cepat hanya dibutuhkan rata-rata 2 jam perjalanan, Rek Kamana Atuh Gaya… Terdapat jalur menanjak juga datar alias landai, menyambung dengan jalur berbatu serta tanah berlumpur di kala musim penghujan. Bukit Cisadon Sentul terletak di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Cisadon berada pada Ketinggian 1.100+ Mdpl, jangan bermimpi bisa naik angkot buat mencapai Desa Cisadon karena tidak tersedia rute menuju kesana hehe… tapi jangan khawatir karena kami menyediakan unit offroad yang bisa kalian pakai untuk menjelajahi Bukit Cisadone, baru deh lanjut ke Rawa Gede.

5. Situ Rawa Gede; Tempat Hiking dan Trekking di Sentul

hiking

Situ Rawa Gede Sentul, salah satu Tempat Hiking dan Trekking Terdekat dari Jakarta, salah satu destinasi wisata di belahan Kota Bogor, adalah sebuah danau yang berada di Kawasan Sentul, Bogor. Kawasan Sentul, selain terkenal dengan koleksi air terjunnya, Sentul juga memiliki destinasi wisata alam yang tak kalah menarik yaitu Situ Rawa Gede Sentul, Danau alami yang terletak di Kecamatan Sukamakmur ini belakangan semakin populer karena sering di jadikan destinasi wisata Hiking maupun Trekking oleh para jiwa-jiwa pengembara dalam menapaki jejak sang petualang.

Selain menawarkan tempat rekreasi yang indah dengan harga murah, Situ Rawa Gede Sentul juga memiliki berbagai wahana di dalamnya yaitu sensasi perahu layar yang bisa anda coba untuk mengelilingi danau serta aktivitas berkemah dan menjelajah air terjun, semuanya bisa dilakukan di sini. Situ Rawa Gede Sentul, adalah sebuah lokasi wisata alam dengan kontur alam perbukitan dan rawa yang terletak di kawasan Sentul tepatnya di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Situ Rawa Gede Sentul berada dibawah pengelolaan organisasi pemuda dan warga setempat yang dibantu oleh pemerintah. Hingga detik ini kawasan wisata tersebut ini masih terus dikembangkan agar potensinya sebagai destinasi wisata semakin optimal

Sukamakmur; Jalur Trekking dan Pendakian di Sentul Bogor

Situ Rawa Gede Sentul, Lokasi Hiking dan Trekking ini terletak tepat di balik perbukitan Puncak, menawarkan pemandangan yang indah dimana terdapat sebuah danau dengan latar perbukitan nan mempesona yang bisa kalian pergunakan untuk mengabadikan momen di medsos, terdapat hamparan sawah dan beberapa air terjun. Nah setelah kalian menikmati keindahan alamnya, kalian juga bisa memilih aktivitas yang ciamik untuk menikmati danau secara langsung yaitu dengan menaiki perahu atau bisa juga menaiki sepeda air yang tersedia, sangat cocok bagi kalian yang ingin mencoba mengarungi area danau dan merasakan semilir angin yang menyejukan kalbu, Ayee… Situ Rawa Gede Sentul Hade Pisan Sob. Kalian pun bisa mampir ke kolam renang untuk berendam atau kolam ikan untuk terapi kaki tapi ingat kalian gak boleh nyebur ke Danau Ya. Jangan lupa sis untuk mengabadikan momen kunjungan kalian di Situ Rawa Gede Sentul, Selain berlatar pemandangan yang megah, terdapat beberapa air terjun alami yang bisa jadi spot instagramable menarik untuk selfy, terdapat juga beragam fasilitas ciamik yang dibuat untuk berfoto seperti taman cinta dan air mancur, Uyee…

Goresan Pena Sang Pengembara; Alam dan Wisatanya

Selayaknya bagi kita jiwa-jiwa pengembara dalam meluapkan Hasrat Petualangnya dalam melakukan serangkaian aktivitas pendakian, penjelajahan dan pemenuhan sensasi keinginan dalam menapaki jejak sang petualang haruslah berlaku bijak dalam menjalankan segala sesuatu, mengamalkan nilai adat budaya ketimuran, menjaga tata krama serta keikutsertaan dalam menjaga seluruh ekosistem yang telah tuhan berikan untuk kita sebagai bentuk kecintaannya terhadap manusia.

Hadena Indonesia; Go Adventure And Get Your Experience

Hadena Indonesia bertajuk Go Adventure And Get Your Experience mengajak anda untuk menjelajahi keindahan alam dengan beberapa metode penerapan yang diantaranya adalah menawarkan sensasi Offroad di Puncak menjelajahi belantara hutan di perbukitan. Hadena Adventure akan menyiapkan seorang instruktur guide dan interpreter untuk memandu perjalanan anda, kami juga menawarkan beragam aktivitas dan kegiatan petualangan lain seperti halnya Adventure Rafting dan Camping, hubungi nomor yang tertera untuk mendapatkan serangkaian informasi lebih jelasnya perihal paket wisata yang tersedia.

contact whatsapp hadena indonesia

WhatsApp

Tag in : Hiking di Puncak, Tempat Hiking di Puncak, Hiking di Bogor, Tempat Highking di Bogor, Hiking di Sentul, Tempat Hiking di Sentul, Tempat Hiking Terbaik, Tempat Trekking di Puncak, Jalur Pendakian, Petualangan, Komunitas Adventure, Pecinta Alam, Paseban, Lereng Paseban, Kampung Paseban, Rawa Gede, Cisadon, Curug Panjang, Cibulao, Curug Tujuh Cilember, Gunung Kencana Puncak, Wisata Alam, Pesona Alam Puncak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *